Rabu, 13 Mei 2009

Giliran Flu Kuda Melanda India

New Delhi: India masih bebas dari virus influenza A subtipe H1N1. Namun, penyakit hewan lain, influenza equine atau flu kuda, telah menewaskan 43 kuda di dua negara bagian barat India, Rajasthan dan Gujarat. Demikian diwartakan Harian Hindu, Danik Bhaskar, baru-baru ini, seperti dikutip Xinhua.
ADVERTISEMENT

Berdasarkan laporan laboratorium di Hissar, Haryana, di India bagian utara, kematian hewan-hewan itu disebabkan oleh influenza equine

Kematian pertama terjadi pada Januari silam di Gandhinagar, Gujarat, tempat 15 kuda tewas akibat penyakit tersebut bulan lalu.

Untuk mencegah penyakit tersebut tersebar luas, pemerintah Gujarat memutuskan melarang membeli dan menjual kuda di negara bagian itu. Sementara di Rajasthan, 25 kuda tewas pada suatu pameran kuda di daerah Jodhpur.

Flu Equine disebabkan oleh virus Influenza A yang endemik pada kuda. Virus tersebut bisa berpindah ke jenis hewan lain dan menular pada manusia. Influenza equine ditandai dengan sangat tingginya penularan di antara kuda, dan mempunyai masa inkubasi relatif singkat, yakni satu sampai lima hari. Kuda yang terserang flu ini bisa mengembangkan gejala-gejala demam, batuk kering dan keluar ingus dari hidungnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar